Terkini

14 Kebiasaan Mahasiswa Sukses

By Unknown - Thursday, February 19, 2015 5 Comments
mahasiswa sukses

Apa yang membuat beberapa mahasiswa sukses dalam kuliahnya sedangkan yang lainnya biasa-biasa saja? Kadang-kadang hal ini berkaitan dengan kecerdasan atau wawasan. Dan terkadang semata-mata hanyalah karena faktor keberuntungan. Tetapi, sering kali kesuksesan mahasiswa disebabkan oleh kebiasaan baiknya: yaitu hal-hal yang dia lakukan secara teratur yang membedakannya dengan mahasiswa "jelata".

Lantas apa saja kebiasaan yang dimiliki oleh mahasiswa-mahasiswa sukses tersebut?  Berikut ini adalah 14 Kebiasaan Mahasiswa Sukses (di bidang AKADEMIK)  yang mungkin dapat kamu tiru.


1. Mahasiswa sukses memiliki jadwal yang jelas


jadwal

Mahasiswa sukses tidak sekedar mengetahui kapan kuis atau tugas akan diberikan dosennya, tetapi mereka juga memiliki 'insting' yang luar biasa tentang pekerjaan apa yang harus diselesaikan setiap minggunya seiring berjalannya semester. Mereka tidak akan terlena seperti kebanyakan mahasiswa yang tidak sadar minggu depan UAS akan tiba. Semua komponen kehidupannya berjalan lancar dan seimbang, dan mereka siap kapan saja untuk menghadapi ujian.


2. Mahasiswa sukses membagi-bagi pekerjaannya



Mahasiswa sukses memecah bahan bacaannya menjadi bagian-bagian yang layak dibaca (bukan membaca 200 halaman dalam sekali duduk). Kuis dan ujian dia pelajari beberapa minggu sebelumnya (bukan di jam 1 malam sebelumnya), Ide makalah mereka pikirkan segera setelah tugas diberikan (bukan di satu hari sebelum tugas dikumpulkan, yang berujung copas punya tetangga).


3. Mereka adalah manusia yang teroganisir


meja rapi

Tidak mungkin untuk melakukan suatu pekerjaan dengan baik, jika tidak didukung dengan peralatan yang memadai: Sebuah komputer yang berjalan lancar dan bebas virus, koneksi internet yang kencang, printer yang tidak macet, dan kemampuan searching google yang baik. Tidak lupa pula hal yang wajib dibawa saat kuliah, yaitu: catatan kuliah yang lengkap, buku teks (punya sendiri), dan slide materi yang diberikan dosen.

Memang terdapat beberapa pengecualian, namun umumnya mahasiswa sukses bukanlah mahasiswa yang catatannya hanya berisi gambar2, laptop penuh virus, dan tidak punya slide materi karena kuota internetnya sudah habis.


4. Bergaul dengan teman yang pintar



Mahasiswa sukses tahu bahwa menghabiskan banyak waktu dengan teman-teman yang tidak ambil pusing dengan kuliahnya atau bahkan tidah tahu kenapa mereka kuliah dapat menciptakan suasana yang begitu 'beracun', dimana setiap usaha dan niat baik akan segera layu dan musnah. Jadi, pilih teman bergaulmu secermat kamu memilih jurusan kuliahmu.


5. Mahasiwa sukses tidak menipu dirinya sendiri



Menipu diri sendiri? maksudnya?, sebagai contoh, saat kamu pikir kamu sedang belajar, tapi sebenarnya kamu sedang nge-tweet tentang "Aduh, capek belajar, twitteran dulu, dosennya baik ini", atau ketika kamu pura-pura membaca slide tapi sebenarnya sedang ngepoin profil facebook seseorang. Sebisa mungkin hindari hal ini, karena kamu tahu "Dirimu sendiri adalah orang yang paling mudah untuk kamu tipu",


6. Menjaga perasaan



Sulit untuk berhasil dalam sebuah mata kuliah, jika kamu merasa tidak percaya diri, galau, atau memang ditakdirkan untuk gagal. Mahasiswa yang tahu bagaimana untuk fokus pada capaian positif yang dia dapat, daripada mereka yang suka galau hanya karena dapat C di mata kuliah yang hanya 1 sks, biasanya akan mampu mencapai hasil yang baik.


7. Menantang dirinya sendiri



Mahasiswa yang baik adalah mahasiswa yang enerjik secara intelektual. Ketika mereka membaca, mereka berpikir secara aktif mengenai apa yang mereka baca. Ketika mereka ke kelas, mereka tidak sekedar melamun atau chatingan. Ketika ujian, mereka akan menerkam pertanyaan secara langsung dan sepenuhnya (ini yang membedakan mereka dengan teman-temannya yang mengisi lembar ujian dengan pembukaan omong kosong agar jawabannya kelihatan panjang). Suka atau tidak, mereka disukai oleh dosen.


8. Konsisten dan persisten



Capek atau pusing?  "Mereka tetap akan datang ke kuliah sesi 1."

Tugas harus dikumpul besok?  "Seperti burung hantu, Mereka tetap akan melakukan yang terbaik malam ini."

Soal yang sulit?  "Mereka akan cari jawabannya sampai ke ujung dunia"

Ujian tiga jam?  "Mereka tidak akan keluar ruangan sampai detik terakhir, setiap detik akan digunakan untuk memeriksa atau memperbaiki jawaban"


9. Terbuka untuk masukan



Memang lebih mudah membuang atau merobek-merobek kertas hasil ujianmu (apalagi kalau nilainya jelek), namun mahasiswa terbaik tidak akan melakukan hal tersebut. Mereka akan mempelajari kesalahan yang mereka buat, dan ketika ujian berikutnya datang, mereka tidak akan mengulanginya lagi. Semua mereka lakukan tanpa rasa terluka atau teraniaya.


10. Bertanya ketika mereka tidak mengerti



Kamu punya mulut untuk berbicara, jadi ketika kamu tidak paham sesuatu di buku, di perkuliahan, atau di prmu, tanya seseorang yang mungkin paham. Jangan sok gengsi karena takut di bilang bodoh.


11. Tidak malu-malu



Memang, menemui dosen adalah hal yang menakutkan, apalagi jika ingin berdiskusi tentang topik skripsi. Tapi tanamkan di pikiranmu bahwa sebagian besar dosen sangat senang jika diajak bicara oleh mahasiswanya, baik itu tentang tugas, makalah, terlebih lagi skripsi.


12. Ingin menjadi yang nomor satu



Mahasiswa yang baik tahu bahwa prioritas utama mereka adalah kuliah, mereka tidak akan terganggu oleh hal-hal lain seperti rilisnya film-film di bioskop, piala dunia, atau pernikahan pamannya. Mereka ingin menjadi yang nomor satu ketika tiket terakhir kuliah dibagikan dalam bentuk kertas hasil ujian,


13. Menjaga kesehatan



Sulit untuk kuliah dengan baik jika kamu sakit seperti kucing jalanan, atau tidak tidur selama seminggu. Mahasiswa sukses menjaga kebutuhan fisik dan emosionalnya sebaik mungkin seperti saat mereka menurunkan rumus.


14. Mempunyai tujuan -- dan rencana



Mahasiswa terbaik tahu tujuan dari kuliahnya dan tahu apa yang mereka butuhkan untuk mencapai tujuannya. Kamu tidak bisa berhasil jika tidak tahu apa yang kamu sedang lakukan dan kenapa kamu melakukannya.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Mahasiswa sukses memang bukan hanya dilihat dari sisi akademis saja, namun kesuksesan akademik dapat membantumu mencapai kesuksesan lainnya. Kamu pasti pernah menemui teman yang sukses dan memiliki sebagian besar kebiasaan-kebiasaan diatas (penulis pernah). Jika kamu tertarik menjadi salah satu dari mereka, mungkin 14 kebiasaan diatas bisa kamu terapkan di hidupmu. 

5 comments to ''14 Kebiasaan Mahasiswa Sukses"

ADD COMMENT
  1. Sukses terus nulisnya Deb. Banyak silent readers agaknya.
    Btw, nice post :) hehe

    ReplyDelete
  2. makasih coi, gak ada kegiatan ini di kantor
    silent reader gak papa2, yang penting baca.

    terima kasih buat yang sudah baca : )

    ReplyDelete
  3. Iya, sukses terus deb, lebih produktif lagi. Yg baca harus terpacu untuk lebih produktif :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih atas sarannya... alice

      Btw, siapa alice?

      Delete
    2. Ga perlu tau siapa, ga penting juga kan buatmu :-)

      Delete